loading...
loading...
loading...

Kalau Tetangga Ada Yang Positif Covid-19 Tidak Perlu Terlalu Khawatir Yang Berlebihan,Ini Penjelasannya


LINTASCOPAS.COM, PAREPARE -- Selama ini banyak warga atau masyarakat yang begitu cemas dan sangat khawatir dengan penyebaran Virus Corona atau Covid-19. dan ini membuat terkadang beberapa warga merasa panik apabila ada tetangga yang dikabarkan positif terjangkit Covid-19.

Andi Udin, salah satu tokoh pemuda Kota Parepare yang juga sekaligus admin dari Info Sehat, salah satu grup yang di WhatsApp, mengungkapkan bahwa:

1.Virus tidak bisa gentayangan dari rumah tetangga ke rumah Anda. Ingat, jarak 1,5 meter saja sudah cukup untuk menjauhkan Anda dari virus.

2.Virus tidak bisa terbang di udara. Ia berada di udara kalau ada orang terinfeksi yang bersin. Itu pun tidak lama. Partikel-partikel air (lendir) yang mengandung virus tadi akan turun, mengendap di permukaan benda-benda mati, tidak akan menyebar ke rumah Anda.
3.Virus juga tidak bisa berjalan.

Menurutnya, yang harus dilakukan yaitu,
"Jangan masuk ke rumah tetangga Covid (+) tanpa perlindungan memadai (masker). Selama Anda tidak masuk, Anda tidak akan tertular.
Kalau terpaksa masuk untuk memberi bantuan, pakailah masker, ditambah perlindungan lain yang bisa Anda dapatkan. Kemudian segeralah ganti baju, mandi dengan sabun (keramas pakai sampo), cuci baju Anda tadi dengan sabun. Sabun akan membunuh virus yang menempel di tubuh Anda.
Tidak ada alasan untuk takut pada tetangga yang tertular Covid19. Berbuatlah sebisa Anda untuk membantu mereka," ungkapnya, Sabtu (02/05/2020) saat di hubungi lewat WhatsAppnya.

Menurut Andi Udin bahwa yang bisa dilakukan untuk membantu yaitu
1. Sediakan makanan.
2. Bersihkan rumahnya dengan sabun atau disinfektan.
3. Jaga agar jangan ada orang masuk tanpa kepentingan dan tanpa pelindung.
4. Arahkan anggota keluarganya untuk melaksanakan tata cara isolasi pasien agar anggota keluarga lain tidak tertular.

Ia menambahkan, "Orang yang tertular virus tidak ingin dirinya tertular.
Mereka butuh cinta, perhatian, dan bantuan kita untuk sembuh.
Jangan musuhi dan kucilkan mereka," tutupnya.

(Fitriyani)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.