loading...
loading...
loading...

Babinsa Ilung Bersama Dinkes HST Sosialisasi STBM Kepada Masyarakat


LINTASCOPAS.COM, Barabai Kalsel -- Dalam rangka menciptakan kampung (desa) bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Babinsa Ilung  bersama  Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Tengah melaksanakan sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)  di Kantor Desa Dangu Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Rabu (11/3/2020).

Fitri Wahyudi dari Dinas Kesehatan Hulu Sungai Tengah selaku fasilisator dihadapan warga masyarakat Dangu  menyampaikan bahwa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah suatu strategi/program intervensi yang menitik beratkan pada pencapaian kondisi sanitasi total di masyarakat melalui perubahan prilaku higienis dengan melibatkan atau memberdayakan seluruh komponen di dalam masyarakat,"katanya.

Sedangkan tujuan dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini bertujuan untuk mencapai kondisi total melalui pemberdayaan masyarakat agar terjadi perubahan prilaku higienis dan, sanitasi pada masyarakat.

Lebih lanjut Fitri menambahkan bahwa ada tiga komponen STBM yang menjadi landasan strategis yaitu Penciptaan Lingkungan yang Kondusif, Peningkatan Kebutuhan dan Permintaan Sanitasi dan Peningkatan Penyediaan Sanitasi,"ungkapnya.

Sementara itu Babinsa koramil 1002-02/Ilung Sertu  Agus Sudirgo dalam kesempatan tersebut menyampaikan selama ini kami dari TNI sudah melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, yaitu dengan program Jambanisasi yang sudah kami lakukan, dengan adanya program STBM ini diharapkan warga masyarakat tidak lagi BAB sembarangan atau BAB di sungai, sehingga kampung (desa) menjadi bersih bebas dari BABS (Buang Air Besar Sembarangan),"tegasnya.

Kegiatan sosialisasi STBM ini juga dihadiri oleh  hj.Sriasnah petugas kesling puskesmas ilung, Ari anhar promkes puskesmas ilung, Pembakal Dangu beserta aparat desa dan warga masyarakat desa Dangu.(pendim1002).
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.