loading...
loading...
loading...

Bantu Sistem Pemerintahan Addatuang Sidenreng, Tiga Arung Malolo Dikukuhkan


LINTASCOPAS.COM, SIDRAP -- Kerajaan Sidenreng baru saja melantik Addatuang ke-25. Para Arung Matoa, Petta Ponggawa dan Petta Pabbicarae Sidenreng sepakat mendaulat Raja Sidenreng adalah DR, Ir, HA, Faisal Andi Sapada Mappangile, SE, MM, menjadi Datunna To Sidenrengnge.

Para pemangku Adat dan To Manurungnge turut menyaksikan sakralnya Pelantikan Petta Ical sapaan akrab Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng.

Termasuk Yang Mulia Para (YMP) Raja-Raja Se-Nusantara yang tergabung dalam Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) ikut menyaksikan prosesi yang pertama kali dilakukan oleh Kerajaan Sidenreng ini di Kabupaten Sidrap.

Melengkapi proses pemerintahan Kerajaan Addatuang Sidenreng ke-25 ini, Raja baru Sidenreng Petta Faisal Sapada melantik dan mengukuhkan para Ponggawa Kerajaan yang disebut Abdi Dalem atau dikenal dilingkungan Pabbanuan Bugis yakni Arung Malolo.

Ketiga Arung Malolo yang dilantik ini masing-masing Drs. HA. Tannawir Tabbu Sassa, beliau bertugas di bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan,

Arung Malolo kedua yakni Andi Maisara yang diberi wewenang di bidang Hubungan Antar Lembaga Adat dan Kerajaan.

Sementara, didaulat Arung Malolo ke-3 ini yaitu Drs. A. Sultan Tatong Petta Cakkumba. Ia diberi tanggung jawab di bidang Penelitian,  Pengembangan Adat Kerajaan dan SDM.

Diketahui silsilah kerajaan Addatuang Sidenreng ini sebagaimana pengangkatan Arung Malolo ini yaitu HA Tannawir Tabbu Sassa adalah cucu langsung dari Addatuang Lacibu.

Sementara, Andi Maisara adalah cucu dari Arung Toa Calo Arung Maiwa dan A. Sultan Tatong adalah cucu dari A. Cakkumba Petta Empagae.

Mereka bertiga ibaratnya dalam tatanan pemerintahan di Indonesia itu adalah Arung Malolo ini seperti halnya Perdana Menteri dari pejabat diatas setingkat Presiden.

(A.Udin)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.