loading...
loading...
loading...

Hari Juang Kartika, Momen Mengenang Pertempuran Ambarawa


LINTASCOPAS.COM, Tegal - Hari Juang Kartika adalah moment khusus Korp Infanteri TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Hari Juang Kartika pada hakekatnya dilandasi sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang kemudian peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa.

Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, Satuan Yonif 407/PK menggelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal yang diperuntukkan bagi warga masyarakat daerah binaan. Kegiatan pengobatan massal tersebut diselenggarakan di Kantor Balai Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Selasa (10/12/2019).

Adapun tim pengobatan massal tersebut adalah anggota Peleton Kesehatan Kompi Markas bersama dengan dokter Klinik Pratama Yonif 407/PK beserta tenaga medisnya dan dibantu oleh anggota Staf Intel Kima Yonif 407/PK. Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Adiwerna Saeful Anwar dan beberapa Perangkat Desa.

Ada ± 41 warga masyarakat yang hadir dan mendaftarkan diri sebagai pasien untuk berobat dengan berbagai macam keluhan kesehatan (penyakit). Secara keseluruhan antusiasme masyarakat sangat terlihat ketika mengikuti kegiatan penggobatan masal tersebut. Mereka mengaku sangat senang dengan adanya pengobatan gratis yang digelar oleh Yonif 407/PK, karena selain mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis juga tempatnya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Dokter Klinik Pratama Yonif 407/PK dr. Bagus Sanjaya Hadisaputra menyampaikan bahwa dari sekian banyak pasien yang diperiksa sebagian besarnya adalah usia lansia. Keluhannya rata-rata adalah pusing, pegal-pegal, lambung dan 90%nya ada hipertensi.

"Saya berharap untuk warga masyarakat khususnya yang telah habis periksa  dan berobat, untuk pola makan dan pola hidup agar lebih diperhatian dan diperbaiki. Karena kebanyakan adalah lansia maka saya harapkan untuk ikut program pemerintah seperti prolanis. Selain itu, untuk warga harus sering kontrol, setidaknya ruti dua minggu sekali," begitu tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan bakti sosial pengobatan massal tersebut disambut baik oleh Kepala Desa Adiwerna dan warga masyarakat sekitar. Saeful Anwar selaku Kepala Desa Adiwerna  mengucapkan banyak terimakasih kepada Yonif 407/PK atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Dengan adanya kegiatan pengobatan massal yang digratiskan oleh Yonif 407/PK merupakan wujud kepedulian dapat meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu," ungkapnya.

"Dari 100% kaum ibu-ibu lansia ada 30an yang memang saat ini sudah mencakup umur diatas 65 tahun. Kebetulan dari data Poliklinik Kesehatan Desa ada 42 orang yang memang diatas umur 60-70 tahun. Kami sekali lagi sangat berterima kasih kepada Yonif 407/PK yang sudah membantu kami dalam penanganan pengobatan gratis untuk warga kami. Kami berharap semoga Yonif 407/PK dapat berkembang dan berkelanjutan dalam membantu warga Desa Adiwerna," imbuhnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. menuturkan bahwa peringatan Hari Juang Kartika merupakan perwujudan dari kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Hal itu sebagai modal dasar yang sangat penting dan ampuh dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Hari Juang Kartika menularkan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan. Dapat menjadi pendorong pengabdian Prajurit Yonif 407/PK dalam mengahadapi tantangan masa depan yang semakin komplek dan dinamis.

"Oleh karena itu, dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, Satuan Yonif 407/PK menyelenggarakan kegiatan yang kami anggap positif dan bermanfaat untuk warga masyarakat di sekitar. Kami berharap dari kegiatan pengobatan massal tersebut selain dapat membantu dalam meringankan masalah gangguan kesehatan juga dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, khususnya Satuan Yonif 407/PK dengan warga masyarakat Tegal," harapannya.

"Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya dari Satuan Yonif 407/PK untuk memberikan pemahaman, tambahan pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya arti kesehatan serta diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan demi kesejahteraan warga masyarakat disekitar," pungkas Danyonif 407/PK.(Erizal)
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.