loading...
loading...
loading...

Bersama Dinas Kesehatan Babinsa Koramil Birayang Sosialisasikan GERMAS


LINTASCOPAS.COM, Barabai Kalsel -- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (GERMAS) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Dalam rangka menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Wahyu Arif Sasmito dan Serda Agus Rohmad bersama dengan Dinas Kesehatan dari Puskesman Batu Tangga melaksanakan sosialisasi Germas di desa Pambakulan Kecamatan Batang Alai timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa (17/12/19).

Seperti disampaikan oleh Ka Puskes Batu Tangga Nor Kamainah S.Kep bahwa GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Akan tetapi masyarakat sendiri yang harus aktif dalam pelaksanaan program tersebut,”tuturnya.

Lebih lanjut Nor Kamainah menambahkan terdapat tujuh rumusan dalam gerakan masyarakt hidup sehat yaitu ; pertama Melakukan Aktivitas fisk, dua Mengkonsumsi sayur dan buah, ketiga Tidak Merokok, ke empat Tidak mengkonsumsi Alkohol, ke lima Memeriksaan kesehatan secara rutin, ke enam membersihkan lingkungan dan yang ke tujuh menggunakan jamban.

Sementara itu salah satu Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Wahyu Arif Sasmito menyampaikan bahwa selama ini TNI AD melalui para Babinsa di lapangan terus aktif menggelorakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, salah satunya dengan karya bakti pembuatan jamban, pembersihan lingkungan dan kami sendiripun rutin melaksanakan olah raga serta tidak mengkonsusmsi Alkohol, semoga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat lebih mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan,”pungkasnya.

(A.Udin)
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.